Senin, 05 Desember 2011

PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI ANAK DI MI. AL – KHOIRIYAH BICAK KECAMATAN TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO

TUGAS BAHASA INDONESIA
NAMA            :
 MOCHAMAD ISMAIL                 NIM : 20112403894
EFENDI                                           NIM : 20112403891
ALFIYATUS SA’DIYAH             NIM : 20112403887
RIRIN NUR HIDAYATI                NIM : 20112403888
DEFITA FATMAWATI                  NIM : 20112403895

FAKULTAS   :  STIT “RADEN WIJAYA” MOJOKERTO
JURUSAN      :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
JUDUL           :  PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI ANAK DI MI. AL – KHOIRIYAH BICAK KECAMATAN TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO



PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI ANAK
DI MI. AL – KHOIRIYAH BICAK
 KECAMATAN TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO

A.    Latar Belakang Masalah
Manusia sebagai mahluk  ciptaan Allah SWT dibekali dengan naluri menjadi pendidik kodrati dalam bentuk dorongan untuk melindungi, memelihara, dan mendidik anak-anaknya. Mendidik merupakan kegiatan yang menyentuh sikap mental dan kepribadian anak didik, sedang kegiatan mengajar dan latihan sebagai salah satu bentuknya. Lebih erat hubungannya dengan aspek intelektual dan keterampilan. Akan tetapi harus di akui bahwa mengajar yang baik pada dasarnya berarti juga sebagai kegiatan mendidik.
Mengajar tidak sekedar menyentuh aspek koknitif kususnya intelektualitas anak didik. Disamping itu dapat pula disentuh aspek-aspek kepribadian lainya. Mengajar lebih banyak dihubungkan dengan kegiatan guru (ustad) di lingkungan lembaga pendidikan formal, sedang pendidikan lebih dititik beratkan pada kegiatan orang tuaatau orang dewasa lainya.
Pengajaran agama islam lebih berorientasi pada kegiatan klasikal, berupa interaksi belajar mengajar yang berlangsung antara seorang guru(ustad) dengan sejumlah murid(santri) di dalam kelas. Untuk mewujudkan interaksi itu agar efektif diperlukan metode mengajar. Akan memungkinkan murid(santri) mencerna bahan pelajaran yang disebut kegiatan belajar.
Selanjutnya bila di hubungkan dengan prestasi anak didik saat ini metode pengajaran sangat penting sekali untuk kemajuan sekolah kususnya juga kemajuan anak didik untuk masa kedepanya. Sangat dibutuhkan guru – guru yang terampil dan bijak sehingga bisa menciptakan interaksi yang baik dengan metode pengajarannya.
Di sebuah sekolah MI. Al – Khoiriyah Bicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, interaksi antara murid dengan guru kurang terjalin dengan baik. Ada banyak metode yang bias digunakan agar tejalin interaksi yang baik di sekolah tersebut. Untuk itu kami akan menjabarkan beberapa metode mengajar dan meneliti metode mengajar di MI AL – KHOIRIYAH yang diterapkan saat ini.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latarbelakang yang telah diuraikan, masalah yang terkait dengan penelitihan ini adalah :
1.    Apa saja metode mengajad di dalam kelas
2.    Metode apa yang diterapkan saat mengajar di MI. Al – Khoiriyah Bicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto?
3.    Dari semua metode mengajar, metode mana yang sesuai dengan kegiatan mengajar di MI. Al – Khoiriyah Bicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto?

C.     Tujuan Penulisan
1.    Untuk memahami pengertian beberapa metode pengajaran.
2.    Ingin mengetahui bagaimana metode pengajaran guru dalam mengelola kelas di MI. Al – Khoiriyah Bicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto
3.    Ingin mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di MI. Al – Khoiriyah Bicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.
4.    Ingin mengetahui bagaimana pengaruh metode pengajaran guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar siswa MI. Al – Khoiriyah Bicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto

D.    Metode Pembahasan
Metode pembahasan merupakan pendekatan untuk memecahkan masalah yang ada kaitannya dengan obyek penelitian. Artinya dalam mengupas masalah yang diteliti, digunakan metode tertentu sehingga didapat pemahaman dari permasalahan tersebut.
Adapun metode pembahasan yang digunakan dalam analisa skripsi ini adalah sebagai berikut :
1.    Metode Deduksi
pembahasan ini adalah untuk mengantisipasi data-data yang sifatnya teoritis dan data yang sifatnya umum, maka akan dikeluarkan kesimpulan-kesimpulan yang bersifat khusus.
2.    Metode induksi
pembahasan ini dikumpulkan data-data yang ada hubungannya dengan masalah yang dibahas, kemudian disimpulkan secara umum.
3.    Komparatif
Metode komparatif adalah suatu pembahasan dengan mengadakan perbandingan antara pengetahuan yang satu dengan yang lainnya lalu diambil suatu pengertian yang baru.




E.   Outline penelitihan
BAB I. Pendahuluan
A.    Latar Belakang
B.     Identifikasi Masalah
C.     Rumusan Masalah
D.    Tujuan Penelitihan
E.     Kegunaan Penelitihan
F.      Sistematika penelitihan
BAB II. Landasan Teori
A.    Metode Pengajaran
1.      Pengertian metode pengajaran
2.      Macam – macam metode pengajaran
B.     Prestasi
1.      Pengertian Prestasi
2.      Factor Yang Mempengaruhi
3.      Cara mengukur Prestasi
C.     Hubungan Metode Pengajaran Dengan Prestasi
BAB III. Metode Penelitihan
A.    Obyek Penelitihan
B.     Populasi
C.     Cara Pengumpulan Data
D.    Cara Pengolahan Data
E.     Cara Analisis Data
BAB IV. Hasil Penelitihan
BAB V. Penutup
A.    Kesimpulan
B.     Saran




Daftar Pustaka
Prof. DR.H. Hadari Nawawi; pendidikan dalam islam, Surabaya,1993

0 komentar:

Poskan Komentar

SMS GRATIS


Make Widget